Wednesday, May 10, 2006

Masukan buat RENSTRA FKM UI

Assalamu'alaikum Semua nya

Saya merasa terpaggil untuk menulis beberapa hal, bagaimana FKM kita tercinta bisa lebih berkibar lagi dimasa mendatang.
Ada dua hal yang ingin saya sampaikan.

Pertama berkaitan dengan lulusan. Saya sependapat dengan beberapa teman, untuk saat ini, boleh dikatan semua fakultas, tidak hanya FKM, lulusanya mengalami kesulitan untuk mencari kerja. Hal ini tidak hanya berkaitan langsung dengan proses mengogok lulusan yang responsive dengan pasar kerja. Namun juga sangat ditentukan oleh individu mahasiswa masing-masing. Namun, disisi lain, institusi dapat melakukan beberapa hal untuk ke depan, antara lain:

1. Careers Services Centre. Syukur sekali, bila itu merupakan bagian integral dari struktur organisasi FKM. Tugasnya adalah membantu lulusan dalam mencari lapangan kerja. Sifat bantuan sangat bervariasi, mulai bagaimana menulis surat lamaran, CV, informasi lowongan kerja, melakukan komunikasi intensif dengan calor user lulusan FKM, komunikasi dengan lulusan (email, web, bulletin etc). Outputnya, tidak hanya bermanfaat buat lulusan, tapi buat peningkatan deman untuk memilih FKM. Disamping itu, lembaga ini juga bisa membantu lulusan, yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi (S2, S3). Banyak sekali peluang beasiswa. Namun sayangnya, sebagian besar kita tidak tahu. Centre ini diharapkan bisa membantu.

2 "Gelar Plus“ dan Pengembangan Citra. Seiring makin suburnya institusi FKM swasta, disamping bertambah terhadap peningkatan popularitas nama FKM, namun juga memperburuk citra FKM. Dengan perkataan lain, kualitas lulusan FKM di mata user, secara tidak langsung akan bertambah terhadap citra institusi, termasuk citra FKM UI. Sulit sekali membela diri dengan mengatakan bahwa dia itu bukan lulusan FKM UI, namun FKM lain. Ada beberapa strategi perlu dilakukan ke depan. Pertama, memperkuat jaringan dan hubungan baik dengan semua institusi FKM, tidak hanya dengan pertemuan rutin, namun punya web jaringan FKM, tukar menukar dosen, mahasiswa dll. Kedua, akreditasi lulusan. Idenya, seperti ini. Setiap mahasiswa lulus dari FKM, FKM mana saja, dapat gelar SKM. Ke depan, perlu dipikirkan program acreditasi – certifikasi. Misalnya ada ujian national setahun dua kali, Test Kemampuan Standard Kesehatan Masyarakat (TKSKM). Lulusan diberikan gelar tertentu. Lulusannya berhak menaruk dibelakang nama nya dengan sebutan SKM. TKS. Ini akan berdampak pada indentitas lulusan, standarisasi kemampuan, mendorong instituasi swasta menjadi mutu pendidikan, meningkatkan daya jual lulusan di pasar, dan banyak manfaat lain, termasuk menciptakan lapangan perkejaan, karena harus mendirikan instituasi atau Pusat TKSM. Kita bisa belajar bagaimana Institusi TOEFL di Amerika atau Instituasi IELTS di Australia atau UK. Terus terang ini tantangan, namun FKM UI bisa memotorinya, karena saya yakin, FKM UI punya kekhawatiran terhadap standard lulusan.
Mungkin dua dulu, mudah-mudahan bermanfaat.
Salam hormat saya kepada semua tim Rentra FKM.
“Banyak hal disekitar kita berubah begitu cepat, baik itu kita sadari atau tidak. Apakah kita mengikuti begitu saja setiap perubahan, atau kita mau mengarahkan perubahan itu?”

Wassalam

0 Comments:

Post a Comment

<< Home